16 Agu 2010

Portal Hipertensi

0 komentar
Pengantar Portal Hipertensi
Portal hipertensi adalah peningkatan tekanan darah dalam sistem pembuluh darah yang disebut sistem vena portal. Biasanya, pembuluh darah berasal dari perut, usus, limpa, dan pankreas, bergabung ke dalam vena portal, yang kemudian cabang ke kapal-kapal kecil dan bergerak melalui hati. Jika kapal di hati terhambat, sulit bagi darah mengalir menyebabkan tekanan tinggi dalam sistem portal.

Saat tekanan menjadi terlalu tinggi, darah punggung dan menemukan cara lain untuk mengalir kembali ke jantung, di mana dipompa ke paru-paru, di mana ia mendapat menghilangkan produk sampah dan mengambil oksigen. Darah dapat melakukan perjalanan ke vena dalam (varises esofagus kerongkongan), pada kulit perut, dan vena dari rektum dan anus (wasir) untuk mendapatkan sekitar penyumbatan dalam hati.


Apa Penyebab Portal Hipertensi ?

Penyebab paling umum dari portal hipertensi adalah sirosis hati. Sirosis hasil dari parut dari luka hati yang disebabkan oleh hepatitis, penyalahgunaan alkohol, atau penyebab lain dari kerusakan hati. Pada sirosis, bekas luka menghalangi aliran darah melalui hati.

Penyebab lain portal hipertensi termasuk gumpalan darah dalam vena portal, penyumbatan dari vena yang membawa darah dari hati ke hati, dan infeksi parasit yang disebut schistosomiasis. Kadang-kadang penyebabnya tidak diketahui.

Apa Apakah Gejala Portal Hipertensi ?

Terjadinya portal hipertensi mungkin tidak selalu dikaitkan dengan gejala khusus yang mengidentifikasi apa yang terjadi di hati. Namun, jika Anda memiliki penyakit hati yang mengarah ke sirosis, kesempatan pengembangan hipertensi portal tinggi.

Gejala utama dan komplikasi dari portal hipertensi meliputi:

* Gastrointestinal pendarahan: bangku tinggal Hitam, atau darah di tinja, atau muntah darah karena pecah spontan dan perdarahan dari varises.
* Ascites (akumulasi cairan di perut).
* Ensefalopati atau kebingungan dan pelupa disebabkan oleh fungsi hati miskin.
* Mengurangi tingkat platelet, sel darah yang membantu membentuk gumpalan darah atau sel darah putih, sel-sel yang melawan infeksi.

Bagaimana Portal Hipertensi Didiagnosa?

Biasanya dokter membuat diagnosis portal hipertensi berdasarkan adanya asites atau pembuluh darah melebar atau varises seperti terlihat pada pemeriksaan fisik dari perut atau anus. Berbagai tes laboratorium, X-ray tes, dan ujian endoskopi juga dapat digunakan

Bagaimana Portal Hipertensi Diobati?

Sayangnya, sebagian besar penyebab hipertensi portal tidak dapat diobati. Sebaliknya, perawatan berfokus pada pencegahan atau mengelola komplikasi, terutama perdarahan dari varises. Diet, obat, terapi endoskopik, pembedahan, dan prosedur radiologi semua memiliki peran dalam mengobati atau mencegah komplikasi. pengobatan lainnya tergantung pada keparahan dari gejala dan pada seberapa baik hati Anda berfungsi.

therapy.This Endoskopi biasanya baris pertama pengobatan untuk perdarahan varises dan terdiri dari baik banding atau sclerotherapy. Banding adalah prosedur di mana pencernaan yang menggunakan karet gelang untuk blok dari pembuluh darah. Sclerotherapy kadang-kadang digunakan ketika banding tidak dapat digunakan dan prosedur di mana sebuah solusi disuntikkan ke pendarahan varises menyebabkan mereka untuk bekas luka.

Pengobatan. Nonselective beta blockers (nadolol atau propranolol) dapat ditentukan sendiri atau dalam kombinasi dengan terapi endoskopik untuk mengurangi tekanan pada varises dan mengurangi risiko perdarahan ulang. beta blockers Nonselective juga diresepkan untuk mencegah varises hemmorrhage pertama pada pasien dengan varises yang dirasakan beresiko pendarahan. Banding varises esophagus juga telah digunakan untuk tujuan itu, terutama pada pasien yang intoleransi terhadap beta bloker. The laktulosa obat-obatan bisa membantu mengobati kebingungan dan perubahan mental lain yang terkait dengan ensefalopati.

Apa Perubahan Hidup Yang Harus Dibuat untuk Portal Hipertensi?

Mempertahankan kebiasaan nutrisi yang baik dan mempertahankan gaya hidup sehat akan membantu Anda menghindari hipertensi portal. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan fungsi hati Anda adalah sebagai berikut:

* Jangan gunakan alkohol atau narkoba.
* Jangan mengambil over-the-counter atau resep obat atau jamu obat tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda atau perawat. (Beberapa obat dapat membuat penyakit hati buruk.)
* Ikuti panduan diet yang diberikan oleh dokter Anda atau perawat, termasuk: makan rendah natrium (garam) diet. Anda mungkin akan diminta untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 2 gram natrium per hari. Mengurangi asupan protein mungkin diperlukan dan hanya jika kebingungan adalah gejala. Seorang ahli diet dapat membuat rencana makan untuk Anda.

Pengobatan Pilihan lain

Bagi mereka dengan portal hipertensi, jika terapi endoskopik, terapi obat, dan / atau perubahan diet tidak berhasil mengendalikan pendarahan varises Anda, Anda mungkin memerlukan salah satu dari prosedur berikut ini untuk mengurangi tekanan dalam pembuluh darah. prosedur dekompresi meliputi:

* Shunt portosystemic Transjugular intrahepatic (TIPS): Prosedur ini melibatkan menempatkan stent (perangkat tubular) di tengah hati. stent ini menghubungkan vena hepatik dengan vena portal.
* Distal shunt splenorenal (DSRS): Prosedur ini menghubungkan vena dari limpa Anda ke vena dari ginjal kiri untuk mengurangi tekanan pada varises dan perdarahan kontrol.

Tes Apakah Yang Diperlukan Sebelum TIPS dan Prosedur DSRS

Sebelum menerima salah satu dari prosedur untuk portal hipertensi , tes berikut ini mungkin dilakukan untuk menentukan luas dan tingkat keparahan kondisi Anda:

* Evaluasi riwayat medis Anda
* Pemeriksaan fisik
* Tes darah
* Angiogram (tes X-ray yang mengambil gambar dari aliran darah dalam arteri tertentu)
* Ultrasonografi
* Endoskopi

Sebelum TIPS baik atau prosedur DSRS, dokter mungkin meminta Anda untuk memiliki tes pra operasi lain, yang mungkin mencakup elektrokardiogram (EKG) (tes yang mencatat aktivitas listrik jantung Anda), sinar-X dada, atau tes darah tambahan. Jika dokter Anda berpikir Anda akan membutuhkan produk darah tambahan (misalnya plasma), mereka akan memerintahkan saat ini.

Apa yang Terjadi di Prosedur TIPS?

Selama prosedur TIPS, ahli radiologi membuat terowongan melalui hati dengan jarum, menghubungkan vena portal ke salah satu pembuluh hepatik (vena terhubung ke hati). Sebuah stent logam yang ditutupi dengan bahan plastik tipis, ditempatkan di terowongan ini untuk menjaga terowongan terbuka.

Prosedur reroutes aliran darah dalam hati dan mengurangi tekanan di semua urat normal, tidak hanya di lambung dan kerongkongan, tetapi juga dalam usus dan hati.

Ini bukan operasi. ahli radiologi yang melakukan prosedur ini dalam ruang di bawah bimbingan sinar-X. Proses ini berlangsung selama satu sampai tiga jam, tetapi Anda harus tinggal di rumah sakit semalam setelah prosedur.

Seberapa Sukses Prosedur TIPS ini?

Prosedur TIPS mengontrol perdarahan dengan cepat lebih dari 90% pasien dengan hipertensi portal. Namun, pada sekitar 20% dari pasien, shunt dapat sempit, menyebabkan varises berdarah kembali di lain waktu.

Apa Komplikasi Apakah Asosiasi TIPS?

penyempitan atau penyumbatan shunt dapat terjadi dalam tahun pertama setelah prosedur TIPS. Tindak lanjut pemeriksaan USG sering dilakukan setelah prosedur ini TIPS untuk mendeteksi komplikasi. Tanda-tanda penyumbatan meliputi ascites meningkat (akumulasi cairan di perut) dan re-pendarahan. Kondisi ini dapat ditangani oleh seorang radiologis yang kembali memperluas paralel dengan balon atau mengulangi prosedur untuk menempatkan stent baru.

Ensefalopati, atau fungsi otak abnormal, dapat terjadi dengan penyakit hati yang parah. ensefalopati hepatika bisa menjadi lebih buruk ketika aliran darah ke hati berkurang oleh TIPS, yang dapat mengakibatkan zat beracun mencapai otak tanpa dimetabolisme pertama kali oleh hati. Kondisi ini dapat diobati dengan obat, diet, atau dengan membuat shunt yang tidak dapat diakses.

Apa yang Terjadi pada Prosedur DSRS?

DSRS adalah prosedur bedah dimana vena dari limpa (disebut urat lienalis) dilepas dari vena portal dan disambungkan pada vena ginjal kiri (ginjal) . operasi ini secara selektif mengurangi tekanan pada varises dan mengontrol pendarahan yang berhubungan dengan hipertensi portal. Hal ini biasanya dilakukan hanya pada pasien dengan fungsi hati yang baik.

Sebuah anestesi umum diberikan sebelum operasi, yang berlangsung sekitar empat jam. Anda harus tinggal di rumah sakit dari tujuh sampai 10 hari.

Seberapa Sukses Bedah DSRS ini?

DSRS mengontrol perdarahan di lebih dari 90% pasien, dengan risiko tertinggi perdarahan ulang apapun yang terjadi dalam bulan pertama. Prosedur DSRS memberikan kontrol pendarahan jangka panjang yang bagus pada pasien dengan hipertensi portal.

Apa Komplikasi Apakah Asosiasi Bedah DSRS?

Asites, akumulasi cairan di perut, dapat terjadi dengan operasi DSRS. Hal ini dapat diobati dengan diuretik dan asupan natrium dibatasi

Follow-Up TIPS Mengikuti Prosedur Perawatan atau DSRS

Tindak lanjut perawatan untuk TIPS dan DSRS dapat berbeda tergantung di mana prosedur dilakukan. Berikut menemukan pedoman dasar.

* Sepuluh hari setelah debit rumah sakit, bertemu dengan dokter bedah Anda atau hepatologi (spesialis hati) untuk mengevaluasi kemajuan Anda. Praktikum akan dilakukan pada saat ini.
* Enam minggu setelah prosedur TIPS (dan lagi tiga bulan setelah prosedur tersebut), telah ultrasound jadi dokter Anda dapat memeriksa bahwa shunt yang berfungsi dengan baik. Anda akan memiliki angiogram (sebuah x-ray pembuluh darah) hanya jika USG menunjukkan bahwa ada masalah. Anda juga akan memiliki pekerjaan laboratorium dilakukan pada saat-saat.
* Enam minggu setelah prosedur DSRS (dan lagi tiga bulan setelah prosedur), bertemu dengan ahli bedah untuk mengevaluasi kemajuan Anda. Praktikum akan dilakukan pada saat ini.
* Enam bulan setelah baik atau prosedur TIPS DSRS, memiliki USG untuk memastikan shunt tersebut bekerja dengan benar. Juga, kunjungi ahli bedah atau hepatologi.
* Dua belas bulan setelah prosedur baik, memiliki ultrasound lain shunt tersebut. Juga, Anda mungkin memiliki angiogram sehingga dokter Anda dapat memeriksa tekanan di dalam pembuluh darah Anda di shunt tersebut.
* Jika shunt tersebut bekerja dengan baik, setiap enam bulan setelah tahun pertama tindak lanjut janji, memiliki USG, praktikum, dan kunjungan dengan dokter Anda.
* Lebih kunjungan tindak lanjut sering mungkin diperlukan, tergantung pada kondisi Anda.
* Hadirilah follow up seperti yang dijadwalkan untuk memastikan bahwa shunt tersebut berfungsi dengan baik. Pastikan untuk mengikuti rekomendasi diet yang Anda berikan penyedia layanan kesehatan Anda.

Perawatan lain untuk Hipertensi Portal

* Hati transplantasi. Hal ini dilakukan dalam kasus-kasus penyakit hati stadium akhir.
* Devascularization. Sebuah prosedur pembedahan yang menghapus varises berdarah. Prosedur ini dilakukan ketika TIPS atau shunt bedah tidak mungkin atau tidak berhasil dalam mengendalikan pendarahan.
* Parasentesis. Ini adalah prosedur di mana akumulasi cairan di perut (asites) langsung dihapus

SUMBER:
Cleveland Klinik Departemen Gastroenterologi, Merck Manual

0 komentar:

Posting Komentar